KEDELAI

Kedelai (kadang-kadang ditambah “kacang” di depan namanya) adalah salah satu tanaman polong-polongan yang menjadi bahan dasar banyak makanan dari Asia Timur seperti kecap, tahu, dan tempe. Berdasarkan peninggalan arkeologi, tanaman ini telah dibudidayakan sejak 3500 tahun yang lalu di Asia Timur. Kedelai putih diperkenalkan ke Nusantara oleh pendatang dari Cina sejak maraknya perdagangan dengan Tiongkok, sementara kedelai hitam sudah dikenal lama orang penduduk setempat. Kedelai merupakan sumber utama protein nabati dan minyak nabati dunia. Penghasil kedelai utama dunia adalah Amerika Serikat meskipun kedelai praktis baru dibudidayakan masyarakat di luar Asia setelah 1910.

Kedelai yang dibudidayakan sebenarnya terdiri dari paling tidak dua spesies: Glycine max (disebut kedelai putih, yang bijinya bisa berwarna kuning, agak putih, atau hijau) dan Glycine soja (kedelai hitam, berbiji hitam). G. max merupakan tanaman asli daerah Asia subtropik seperti RRC dan Jepang selatan, sementara G. soja merupakan tanaman asli Asia tropis di Asia Tenggara. Tanaman ini telah menyebar ke Jepang, Korea, Asia Tenggara dan Indonesia.

Manfaat Ajaib Kedelai

Kedelai yang murah dan bergizi. Mengkonsumsi tiap hari dapat membantu mencegah bermacam penyakit. Manfaat kedelai adalah sebagai berikut: Zat Pembangun 

Kedelai banyak mengandung protein yang berfungsi sebagai pembangun tubuh. Baik untuk perkembangan sel-sel otak pada anak-anak, protein kedelai menyehatkan tubuh, meningkatkan stamina, dan produksi sel tubuh yang baik.   o Mengurangi Gejala Menopous

 Kanfungan kedelai berupa fitoestrogen dan isoflavin dapat membantu memberikan rasa nyaman saat gejala menopouse datang. Menopouse terjadi karena kadar estrogen dalam tubuh berkurang, sehingga menyebabkan kulit kering, emosi tak stabil, depresi. Maka perbanyak konsumsi protein kedelai membantu kebutuhan untuk bertahan dari efek gejala menopouse.

o Mencegah Osteoporosis

Peptida hasil kedelai yang dicerna dalam tubuh ternyata mengandung banyak kalsium. Dan dengan bantuan produksi kalsium dari kedelai dapat membantu kita mencegah osteoporosis. Kedelai dapat membantu anak-anak menambah asupan kalsium selain dari susu berkalsium.

o Mencegah Atherosclerosis

Karbihidrat berupa serat kasar yang terdiri dari zat-zat pembakar lemak dalam tubuh, usus, atau pembuluh darah. Karbohidrat jenis ini yang terkandung dalam kedelai yang bisa mencegah Atherosclerosis.

o Antiaging

 Kandungan isoflavin dalam kedelai ternyata bersifat antiaging. Senyawa ini akan larut dalam air. Isoflavin sangat baik untuk membantu menangkal radikal bebas penyebab penuaan dini.

o Mencegah Kanker

Isoflavin adalah kandungan ajaib dalam kedelai yang mampu mencegah penyakit seperti: kanker payudara, usus besar, kanker postrat, paru-paru, kanker perut, rahim, rectal.

o Meringankan Diabetes

Kedelai memiliki kandungan serat cepat larut sehingga menurunkan kolesterol dalam darah, gula dalam darah yang otomatis membantu mencegah diabetes menyerang.

PENGOLAHAN KEDELAI

1.TAHU

Tahu adalah makanan yang dibuat dari kacang kedelai yang difermentasikan dan diambil sarinya. Berbeda dengan tempe yang asli dari Indonesia, tahu berasal dari Cina, seperti halnya kecap, tauco, bakpau, dan bakso.  Di Jepang dikenal dengan nama tofu. Dibawa para perantau China, makanan ini menyebar ke Asia Timur dan Asia Tenggara, lalu juga akhirnya ke seluruh dunia.

Sebagaimana tempe, tahu dikenal sebagai makanan rakyat. Beraneka ragam jenis tahu yang ada di Indonesia umumnya dikenal dengan tempat pembuatannya, misalnya tahu Sumedang dan tahu Kediri. Aneka makanan dari tahu antara lain tahu bacem, tahu bakso, tahu isi (tahu bunting), tahu campur, perkedel tahu, kerupuk tahu, dan lain-lain.

Tahu Sebagai Sumber DHA

Tahu adalah makanan yang biasa ada di menu kita sehari-hari. Ada berbagai macam cara mengolah tahu, dan rasanya yang enak membuat tahu disukai oleh seluruh keluarga. Tahukah Anda bahwa tahu juga mengandung berbagai macam nutrisi yang berguna untuk perkembangan dan pertumbuhan otak dan tubuh balita? Tahu merupakan salah satu sumber alami DHA, yang dibutuhkan si kecil untuk perkembangan otaknya. Selain itu, tahu juga mengandung protein yang tinggi, dan juga kalsium dan zat besi yang penting bagi kesehatannya.

Tahu Kaya Omega-3

Tahu adalah makanan yang sering kita konsumsi sehari-hari. Baik digoreng, ditumis, maupun dimasakn dengan sayuran atau daging. Apakah manfaat tahu untuk kecerdasan? Tahu adalah salah satu sumber makanan yang kaya akan Omega-3, yaitu penghasil DHA yang adalah asam lemak penting yang berperan besar dalam perkembangan sistem saraf pusat, perkembangan kecerdasan, ketajaman penglihatan dan perkembangan fisik. Selain itu, tahu juga kaya protein, mengandung jumlah zat besi yang menguntungkan, dan tidak berkolesterol yang membahayakan kesehatan. Tahu juga mengandung kalsium yang baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi.

Memastikan si Kecil mendapatkan nutrisi yang tepat untuk kecerdasan dan kesehatannya tidak perlu membuat Anda repot. Cukup dengan menambahkan tahu ke dalam menu makanannya, Anda akan memberikan nutrisi yang baik bagi tubuh dan otaknya.

2. TEMPE

Tempe adalah makanan yang dibuat dari fermentasi terhadap biji kedelai atau beberapa bahan lain yang menggunakan beberapa jenis kapang Rhizopus, seperti Rhizopus oligosporus, Rh. oryzae, Rh. stolonifer (kapang roti), atau Rh. arrhizus. Sediaan fermentasi ini secara umum dikenal sebagai “ragi tempe”.

Kapang yang tumbuh pada kedelai menghidrolisis senyawa-senyawa kompleks menjadi senyawa sederhana yang mudah dicerna oleh manusia. Tempe kaya akan serat pangan, kalsium, vitamin B dan zat besi. Berbagai macam kandungan dalam tempe mempunyai nilai obat, seperti antibiotika untuk menyembuhkan infeksi dan antioksidan pencegah penyakit degeneratif.

Secara umum, tempe berwarna putih karena pertumbuhan miselia kapang yang merekatkan biji-biji kedelai sehingga terbentuk tekstur yang memadat. Degradasi komponen-komponen kedelai

10 Khasiat Tempe:

a. Protein yang terdapat dalam tempe sangat tinggi, mudah dicerna sehingga baik untuk mengatasi diare.

b. Mengandung zat besi, flafoid yang bersifat antioksidan sehingga menurunkan tekanan darah.

c. Mengandung superoksida desmutase yang dapat mengendalikan radikal bebas, baik bagi penderita jantung.

d. Penanggulangan anemia. Anemi ditandai dengan rendahnya kadar hemoglobin karena kurang tersedianya zat besi (Fe), tembaga (Cu), Seng (Zn), protein, asam folat dan vitamin B12, di mana unsur-unsur tersebut terkandung dalam tempe.

e. Anti infeksi. Hasil survey menunjukkan bahwa tempe mengandung senyawa anti bakteri yang diproduksi oleh karang tempe (R. Oligosporus) merupakan antibiotika yang bermanfaat meminimalkan kejadian infeksi.

f. Daya hipokolesterol. Kandungan asam lemak jenuh ganda pada tempe bersifat dapat menurunkan kadar kolesterol.

g. Memiliki sifat anti oksidan, menolak kanker.

h. Mencegah masalah gizi ganda (akibat kekurangan dan kelebihan gizi) beserta berbagai penyakit yang menyertainya, baik infeksi maupun degeneratif.

i. Mencegah timbulnya hipertensi.

j. Kandungan kalsiumnya yang tinggi, tempe dapat mencegah osteoporosis.

Es Krim Tempe

Es krim adalah panganan yang paling nikmat kalau disantap saat cuaca sedang panas saat ini. Namun, hidangan favorit semua kalangan baik tua maupun muda ini kerap membuat badan gemuk para penikmatnya bila sering disantap secara berlebihan.Meski demikian, efek menggemukkan badan dari es krim ini kini tak perlu dikhawatirkan. Pasalnya sejumlah ilmuwan dari Pusat Penelitian Kimia Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) telah menemukan es krim yang sehat dan tidak menggemukkan. Mereka adalah Agustine Susilowati, Siti Isniyah dan Teni irnawati yang berhasil menemukan es krim sehat dengan bahan dasar tempe.

Tempe digunakan sebagai bahan dasar es krim lantaran mudah dicerna, mengandung isoflavon aglikon sebagai antioksidan pencegah kanker, mengandung zat antibakteri yang dapat memperkecil peluang infeksi, dapat membantu menurunkan lipid darah dan mengandung vitamin B12, serta delapan macam asam amino esensial.

• Ice cream yang dihasilkan masih mengandung keunggulan bawaan tempe yaitu Mudah dicerna, Mengandung isoflavon aglikon/anti oksidan, bersifat hipokolesterolemik, mengandng zat antibakteri, vitB12 dan 8 macam asam amino

• Makanan fungsional bergizi tinggi dengan zat bioaktif yang padat emmperbaiki system metaboliime dalam menghambat proses degenerasi jaringan tubuh

• Meningkatkan nilai ekonomis dari tempe

3. SUSU KEDELAI

Susu kedelai ini sendiri, sebenarnya, sudah dibuat di negeri Cina sejak abad II sebelum Masehi. Dari sana, kemudian berkembang ke Jepang, dan setelah PD II masuk ke Asia Tenggara. Di Indonesia, perkembangannya memang masih ketinggalan dengan Singapura, Malaysia, dan Filipina. Di Malaysia dan Filipina susu kedelai dengan nama dagang “Vitabean” yang telah diperkaya dengan vitamin dan mineral, telah dikembangkan sejak 1952. Di Filipina juga dikenal susu kedelai yang populer dengan nama “Philsoy”. Sementara di tanah air baru beberapa tahun terakhir dikenal susu kedelai dalam kemasan kotak karton yang diproduksi oleh beberapa industri minuman.

Susu kedelai Komposisi susu kedelai adalah hampir sama dengan susu sapi. Karena itu, susu kedelai dapat digunakan sebagai pengganti susu sapi. Susu ini baik dikonsumsi oleh mereka yang alergi susu sapi, yaitu orang-orang yang tidak punya atau kurang enzim laktase dalam saluran pencernaannya, sehingga tidak mampu mencerna laktosa dalam susu sapi.

Untuk balita, dua gelas susu kedelai sudah dapat memenuhi 30% kebutuhan protein sehari. Dibandingkan dengan susu sapi, komposisi asam amino dalam protein susu kedelai kekurangan jumlah asam amino metionin dan sistein. Tetapi, karena kandungan asam amino lisin yang cukup tinggi, maka susu kedelai dapat meningkatkan nilai gizi protein dari nasi dan makanan sereal lainnya.

Mutu protein dalam susu kedelai hampir sama dengan mutu protein susu sapi. Misalnya, protein efisiensi rasio (PER) susu kedelai adalah 2,3, sedangkan PER susu sapi 2,5. Secara umum susu kedelai mempunyai kandungan vitamin B2, B2 niasin, piridoksin, dan golongan vitamin B yang tinggi. Vitamin lain yang terkandung dalam jumlah cukup banyak ialah vitamin E dan K. [dikutip dari

Susu kedelai merupakan susu yang sangat baik dikonsumsi. Hal ini dikarenakan susu kedelai mengandung kalsium yang tinggi dan non kolesterol. Selain bisa dikonsumsi oleh keluarga, susu ini juga bisa menjadi sumber penghasilan. Dengan modal sedikit, seorang produsen susu kedelai bisa menghasilkan untung cukup banyak. Cara membuat susu ini tak sulit. Rendamlah kedelai semalaman, lalu rebuslah keesokannya. Setelah agak dingin kulitilah kedelai tersebut. Kulit kedelai jangan dibuang karena bisa dijadikan bahan baku bakwan. Untuk membuat susu kedelai, blenderlah tiga sendok kedelai dengan dua gelas air (400 ml). Kemudian hangatkandengan api kecil. Berilah sedikit garam, gula sesuai selera dan daun pandan agar wangi. Susu bisa diberi esen vanila, strawberry atau coklat bila suka. Sangat nikmat dikonsumsi selagi hangat.*

5. Minyak Kedelai

Kandungan minyak dan komposisi asam lemak dalam kedelai dipengaruhi oleh varietas dan keadaan iklim tempat tumbuh. Lemak kasar terdiri dari trigliserida sebesar 90-95 persen, sedangkan sisanya adalah fosfatida, asam lemak bebas, sterol dan tokoferol. Minyak kedelai mempunyai kadar asam lemak jenuh sekitar 15% sehingga sangat baik sebagai pengganti lemak dan minyak yang memiliki kadar asam lemak jenuh yang tinggi seperti mentega dan lemak babi. Hal ini berarti minyak kedelai sama seperti minyak nabati lainnya yang bebas kolestrol, seperti yang ditunjukkan dalam komposisi dari minyak nabati dibawah ini.

Kadar minyak kedelai relatif lebih rendah dibandingkan dengan jenis kacang-kacangan lainnya, tetapi lebih tinggi daripada kadar minyak serelia. Kadar protein kedelai yang tinggi menyebabkan kedelai lebih banyak digunakan sebagai sumber protein daripada sebagai sumber minyak.

Asam lemak dalam minyak kedelai sebagian besar terdiri dari asam lemak esensial yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Dibawah ini disajikan komposisi kimia minyak kedelai, sifat fisiko-kimia minyak kedelai dan standar mutu minyak kedelai.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: